Salam Sejahtera.. Semoga Anda selalu diberi kesehatan, rejeki yang berlimpah, dan selamanya bahagia.. ;-)

25 Oktober 2009

MENDAUR ULANG HARDDISK BEKAS

Kalau hendak membeli harddisk bekas, tentu saja kita harus benar-benar menelitinya dengan seksama terlebih dahulu. Langkah langkah pemeriksaannya meliputi, partisi, format, scandisk, yang kesemuanya dilakukan dalam DOS, agar hasilnya lebih bagus. Tahaptahap pengetesan adalah sebagai berikut.

1. Partisilah harddisk itu ke dalam ukuran sebenarnya. Misalnya dengan menggunakan FDISK. Atau kalau mau menggunakan cara yang lebih gampang dapat menggunakan disk manager atau program Ontrack.

2. Format harddisk melalui DOS. Harddisk yang tidak ada bad sector-nya tidak ada pesan "Try To Allocate Sector ...*." Apabila tahap ini sudah selesai dan prosesnya lancar, selanjutnya kita dapat masuk ke tahap ke tiga.

3. Dengan scandisk (dari DOS), dan pada saat surface testnya akan dapat diketahui apakah ada tanda bad sector pada Disk Mapnya. Jika semua tahap itu sudah beres dan prosesnya berjalan lancar tanpa ada indikator kerusakan dari harddisk itu, harddisk itu dapat Anda bayar, bungkus, untuk dibawa pulang.

Bagaimana kalau kita akan meng-upgrade harddisk dengan cara tukar tambah, sedangkan hardisk kita ada bad sector-nya? Ada beberapa cara untuk penyelesaian masalahnya. Pertama, formatlah harddisk dengan perintah (command) format c: /s, yang artinya memformat sekaligus memperbaiki sistem dan bad sector.

Tapi hal ini hanya akan berhasil jika bad sector yang terjadi hanya merupakan bad sector program. Kalau bad sector-nya berupa bad sector fisik dan tidak dapat dihilangkan dengan cara memformat, terpaksa kita harus mempartisinya, dan menghapus partisi yang ada bad sector tersebut. Langkah yang dilakukan sebagai berikut.

1. Lakukan scandisk untuk melihat di mana bad sector itu berada, misalnya kita dapati bad sector-nya berada di ujung harddisk (misalnya setelah 10MB ternyata ada bad sector dengan ukuran 10MB).

2. Buatlah 2 partisi dengan partisi pertama berukuran 25 atau 30MB dan partisi kedua adalah sisa dari harddisk itu sendiri.

3. Selanjutnya, hapuslah partisi pertama tadi (partisi yang ada bad sector-nya) sehingga partisi kedua yang awalnya [D:/] , bergeser menjadi [C:/] dan sekarang kita telah mempunya harddisk yang bersih, tanpa ada bad sector-nya. Cara lain adalah dengan menggunakan low level format yang dapat dilakukan pada program low level format, atau di BIOS yang ada low level format-nya.

(disadur dari: http://www.kaskus.us/blog.php?b=2510)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar