Salam Sejahtera.. Semoga Anda selalu diberi kesehatan, rejeki yang berlimpah, dan selamanya bahagia.. ;-)

30 September 2009

Bisnis Telekomunikasi: XL, Indosat, Nexian dan Facebook



Ada dua operator telpon di Indonesia yang saat ini memanfaatkan hand phone (HP) Nexian sebagai salah satu sarana promosinya yaitu Excelcomindo Pratama (XL) dan Indosat.
XL adalah operator telpon selular yang pertama kali bekerjasama dengan produsen HP dengan merek Nexian dengan membuat produk yang NexianBerry. NexianBerry adalah HP buatan Nexian dengan seri NX-G900, karena bentuk dan fungsinya “mirip” blackberry maka produk tersebut disebut NexianBerry.

HP ini mempunyai dua kartu GSM yang bisa hidup bersamaan, satu kartu GSM harus menggunakan nomer XL sedangkan kartu lainnya menggunakan nomer GSM bebas. Kelebihan HP ini adalah bisa digunakan untuk browsing terutama facebook dan yahoo mesangger. Kartu XL inilah yang bisa digunakan untuk browsing, facebook dan yahoo mesangger (menggunakan Mig33).

Lalu apasih kelebihan produk ini dibandingkan dengan produk lainnya? kelebihan produk ini adalah dalam hal harga, harga HP ini sangat murah dibanding dengan harga HP sejenis. Dengan fungsi yang ada di dalamnya harga HP sekitar Rp. 3.000.000,- s/d 5.000.000,- tapi produk Nexian ini hanya dijual Rp. 999.000,- karena itulah pada saat diluncurkannya pertama kali peminatnya langsung berebut. Berjubelnya pembeli produk ini saat ini dikarenakan masyarakat Indonesia baru demam facebook dan blackberry.

Tingginya pembeli HP ini pasti secara langsung meningkatkan jumlah pelanggan XL dan membuat jumlah pelanggan XL meningkat dengan tajam karena itu Indosat tidak mau ketinggalan dengan rekannya ini dengan bekerjasama dengan produsen HP Nexian untuk meluncurkan bersama-sama produk yang disebut Handphone Online dengan menggunakan seri terbaru Nexian yaitu NX G991 dengan fasilitas yang hampir sama dengan XL seperti: GSM 2 kartu, Bluetooth, FM Radio, Facebook, Opera Mini, dan Mig33.

Dengan fasilitas yang sama dengan pesaing terdekatnya XL, Indosat ingin meningkatkan dua kali lipat penjualan kartunya karena di dalam Nexian tersebut hanya bisa menggunakan dua produk kartu Indosat yaitu Mentari dan IM3. Sudah bisa ditebak langkah Indosat ini, apabila penjualan HP Nexian ini laris seperti pesaingnya maka peningkatan penjualan kartu Indosat akan berlipat.

Melihat kondisi di lapangan dimana angka penjualan Nexian NX 900 masih tinggi dengan dibuktikan dengan harga HP ini di atas harga jual yang dikeluarkan oleh produsennya maka penjualan Nexian G991 satupun akan laris. Dengan demikian angka penjualan kartu-kartu Indosat yang telah disebutkan di atas akan meningkat.

Walaupun agak terlambat strategi yang digunakan oleh Indosat cukup menarik karena masih dalam momen yang tepat yaitu masyarakat Indonesia masih demam blackberry dan facebook.

Facebook memang jejaring social yang fonumental. Selain Facebook bisa menyihir masyarakat dunia facebook juga menginspirasi masyarakat atau perusahaan memanfaatkan kedatangannya untuk kepentingan bisnis, bahkan tidak hanya masyarakat di tempat dia berada tapi masyarakat seluruh dunia.

(disadur dari: http://artikelusaha.co.cc/2009/07/bisnis-telekomunikasi-xl-indosat-nexian-dan-facebook/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar